Sabtu, November 12, 2011

Umur 17 Tahun, Akhirnya Punya KTP

Alhamdulillah, sangking senengnya udah bisa punya KTP aku  jadi pingin posting ini, maklumi aja ya pembaca ^_^. Karena umurku udah 17 tahun, akhirnya minggu lalu aku berniat ngurus KTP. 
Kemarin hari Rabu (9 November 2011) keluarga kami baru dapat surat undangan pendataan anggota keluarga yang diadakan mulai tanggal 11 November 2011. Dan aku yang gak punya KTP katanya bapak RT, aku bisa sekalian ngurus KTP (foto KTP, dll) disana saat hari H. 
Karena hari Jumat (11 November 2011) merupakan hari tersibukku, yaitu sekolah, ada bimbel (P3UN), ada test bulu tangkis di daerah Krukah, Surabaya dan kemudian les serta keluruhan tutup jam 18.00, akhirnya aku mengurungkan niatku untuk tidak mengurus KTP pada hari itu dan menggantinya di hari Sabtu.
Nah, tibalah hari ini (hari Sabtu). Pagi-pagi jam 08.30 aku ke kelurahan ditemani sama bapak yang juga mengurus pendataan keluarga. Wew. . ternyata parkiran sudah penuh . Padahal aku mikirnya pagi-pagi berangkat biar sepi. Ternyata sudah ada banyak yang mengantri .
Tadi saat mengurus KTP, urutannya seperti ini :
Pertama-tama yang kita lakukan yaitu menyerahkan berkas berupa surat pengantar mengurus KTP . Setelah itu kita duduk dan menunggu giliran . Pengap sekali ruangannya tadi, karena ramainya warga-warga yang mengurus   KTP. Ada anak kecil yang nangis jerit-jerit, ada yang menguap, ada yang nggosip. (#haha kok gak sekalian ada yang gulat, smack down be,e ... eh eh bercanda). Aku yang sama bapak datang pukul 08.30 ternyata baru dipanggil pada pukul 11.40. Bener-bener lama. (3 Jam) sampai perutku sakit, gak sakit sih, cuma keroncongan. #wekeke

Kedua, ternyata dipanggilnya tadi itu masih pemanggilan untuk pengabsenan. (#Glodhakk... sabarrr). Setelah dipanggil, kita harus pindah duduk di antrian tempat foto. Dan akhirnya pukul 12.00 waktuku juga untuk foto KTP. 
Ketiga, saat giliran kita untuk foto KTP. Aku lihat ada 2 kain sebagai background foto dan itu berwarna buru dan merah. Saat aku duduk, kain itu langsung diganti oleh petugas dengan kain berwarna biru . Aku lak ya bingung, kok ganti-ganti warna? Apa yang motret nyocokin warna sama orangnya? (#hahaha jelasnya tidak). Tapi ternyata, kain tersebut dijadikan penanda. Jika tahun kelahiran kita angka ganjil, maka background yang digunakan adalah warna merah  dan jika tahun kelahiran kita merupakan angka genap, maka background yang digunakan adalah warna biru. Nah, setelah wajah yang dipotret, ganti sidik jari kita yang dipotret.
Keempat, sidik jari akhirnya dapat bagian kefoto juga. Nah, sidik jari yang difoto yaitu kesepuluh sidik jari kita. Tadi sempet agak lama saat aku foto sidik jari. Soalnya, mesinnya tadi kena kringet tanganku, jadi gak ke detect (#hahaha ...maaf ya pak petugas yang baik hati).
Kelima, setelah pemotretan dilanjut dengan tanda tangan di atas mesin (gak tau namanya). Tanda tangan ini nanti juga akan muncul di KTP kita juga, jadi harus bagus tanda tangannya. #hehe
Dan akhirnya selesai juga, dan aku pulang ke rumah pukul 12.15 . (Sampai2 parkiran sudah sepi )


 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons