Rabu, Mei 16, 2012

Tahukah Kamu Rahasia Bandar Udara di Indonesia ?

Bandar Udara Indonesia rupanya sudah lama cukup terkenal di dunia Internasional. Yang paling menarik, Indonesia menempati urutan ke-13 di dunia dalam jumlah bandara. Dengan jumlah 489 bandara dari luas Indonesia yaitu 1.904.569 km persegi.
Tahukah kamu, Bandar udara tertua di Indonesia ?
Bandar Udara yang pertama kali di Indonesia adalah Bandar Udara Kemayoran . Bandar udara ini didirikan sejak tahun 1901.  Yhaa, meski baru di buka pada tahun 1910.
Tapi, bandar udara ini dahulu sangat terkenal di dunia. Buktinya, bandara ini diceritakan di dalam sebuah komik TinTin yang berjudul Penerbangan 714 ke Sydney yang menampilkan berbagai setting Indonesia di dalam ceritanya
Sayangnya bandara ini berhenti beroperasi pada tahun 1984. Padahal Bandar Udara Kemayoran memiliki ciri khas pada landasan pacunya yang bersilangan dari arah barat ke timur dan utara ke selatan.

Selain bandar udara Kemayoran ada lagi nih yang perlu diketahui.

Tahukah kamu, Bandar udara yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia?
Bandar udara yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia adalah Bandara Hang Nadim yang berada di Batam dengan panjang 4.025 m . Bandara ini dibangun tahun 1944 dan mulai beroperasi pada tahun 1965.

Itulah bandar udara yang sangat terkenal diantara 489 bandara yang ada di Indonesia. Namun bukan berarti bandara yang lain tidak dikenal. Hehe :D ayo belajar tentang bandar udara yang lain !

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons