Kamis, Desember 22, 2011

Asiknya Jadi Blogger Pelajar

Menjadi seorang blogger sangat menyenangkan sekali, apalagi yang masih membawa status pelajar. Lho kenapa? Karena, seorang blogger berstatus pelajar itu, tidak butuh banyak modal ini dan itu untuk kegiatan bloggingnya. Bahkan ada yang tanpa mengeluarkan biaya sama sekali, tapi usaha tetap harus nomer 1.
Nah, Beginilah usaha yang dilakukan seorang blogger pelajar sejati :
  1. Mencari Wifi gratis yang tersedia diperpustakaan sekolah, kantin atau di tempat-tempat umum tertentu seperti kebun bibit,  yang ada di Surabaya. Lumayan bukan? kalau tiba-tiba ada kejadian yang tidak terduga, kita tinggal posting setelah cari tempat yang ada wifi-nya :D
  2. Tapi, gimana kalau ada wifi tapi tidak ada PC?
    Tidak perlu bingung sampai minta dibelikan PC ke orang tua. Semua masalah selalu ada jalan keluarnya. Untuk yang satu ini ada 3 alternatif untuk memecahakan masalah ini.
    • Yang pertama, tinggal pinjam ke teman baik kita dan jangan lupa imbuhkan 10 kata sakti , "sob, pinjam ya. situ kan baik hati dan tidak sombong"
    • Yang kedua, pinjam PC sekolah dihari libur (Sabtu dan Minggu). Kalau tidak boleh? terpaksa kita gunakan alternatif yang ketiga.
    • Alternatif ketiganya yaitu warnet, pastinya dengan mengeluarkan sedikit biaya, tapi rata-rata tarif warnet setara dengan kantong pelajar :)

Namun diantara yang saya sebutkan tadi, pada dasarnya yang kita butuhkan sebagai blogger pelajar adalah sebuah blog. Dan disamping tersedianya itu semua, banyak hal-hal menarik yang sering dilakukan seorang blogger pelajar maupun blogger pada umumnya. Yuk, mari kita simak .
  1. Memiliki sebuah blog sama halnya dengan mempunyai rumah pribadi, bebas marah-marah, curhat, atau ketawa-ketiwi dalam postingan. Jika tidak suka di komentari, tinggal nonaktifkan saja fitur komentarnya.  Namun kalau seperti itu, bagai serasa hidup milik sendiri .
    Dibalik sisi tersebut, dengan blog para blogger bisa bersuara dengan bebas, ini cocok sekali untuk tipe orang yang tidak pandai berbicara di depan umum (seperti saya). Hal ini juga bisa menjadi sebuah solusi bagi kita yang termasuk orang yang pendiam untuk menunjukkan bahwa kita bisa berekspresi untuk Indonesia.
  2. Seorang blogger suka membuat berita heboh. Selain beritanya yang heboh, judulnya pun dibuat yang paling heboh. Ini bertujuan agar menarik visitor.
    Tapi hati-hati dengan sebuah judul. Seringkali ada blogger yang membuat judul yang sangat jauh berbeda dengan isi postingannya. Blogger yang seperti ini bahaya sekali, karena dapat menjadi contoh bagi blogger pelajar di kemudian harinya. Sama dengan melahirkan penipu baru di negara kita.
  3. Seorang blogger pasti selalu akrab dengan yang namanya facebook, twitter, digg dan social media lainnya. Salah satu tujuannya yaitu untuk  memperoleh visitor juga seperti contoh di nomer 2. Tapi kesempatan seperti ini jangan dibuat tempat tebar link sana-sini,  terutama di grup. Lho kenapa? Karena bisa mengganggu kenyamanan mereka. Dahulu saat masih baru jadi blogger, saya sering dimarahi blogger-blogger lain. Ya, karena kasus ini. Tapi sering dimaklumi, karena masih pemula (Inilah salah satu asyiknya jadi blogger pelajar, apa-apa kita dibilang pemula) :D . Tapi tidak masalah sebenarnya untuk menebarkan link, kita harus lihat-lihat dulu saja sapa yang kita beri link.

  4. Beginilah kalau seorang blogger pelajar kebingungan. Blog sedang dalam masalah, bingung sampai keringetan. Ujung-ujungnya konsultasi ke google. Seperti dukun ya .hahaha
  5. Yang paling asik, disekolah kalau tidak ada laptop, Handphone pun jadi. Tapi kalau baterai habis yaa wafatlah. Kalau ada handphone rasanya pasti aman, dimana-mana kita bisa share sana sini. Saat istirahat sekolah maupun saat pelajaran (tetapi saat jam kosong).
  6. Nah satu lagi, seorang blogger pelajar tidak kalah kerennya dengan blogger mahasiswa maupun yang sudah lanjut umur . :D Rela tidak tidur sampai mata sembab hanya untuk kegiatan bloggingnya.
Itulah ekspresi para blogger pelajar yang bisa saya sebutkan. Tetapi, dibalik ini semua kita harus bisa memaknai..

Apa sih arti seorang blogger, seorang pelajar dan seorang blogger pelajar? 

  • Seseorang dikatakan benar-benar seorang blogger, apabila kita dapat menghasilkan sesuatu dari sebuah blog. Tidak hanya posting yang isinya "dear diary .." atau kata-kata galau. Namun sebuah karya yang berupa karya inspiratif, karya dokumentasi untuk memperkenalkan sebuah kegiatan kepada orang lain, dan masih banyak lainnya.
  • Seseorang dikatakan seorang pelajar, apabila seseorang itu suka belajar, belajar untuk berani mencari ilmu/sesuatu yang baru (pelajaran sekolah maupun pelajaran dari kehidupan sekitar), belajar untuk mencari jati diri yang baru . Sehingga dapat melahirkan sebuah bakat dari diri masing-masing pelajar.
  • Yang terakhir, seseorang dapat dikatakan seorang blogger pelajar apabila dapat mengnyinergikan antara kedua profesinya, yaitu sebagai seorang blogger dan seorang pelajar.
Ayo Blogger Pelajar, tunjukkan ekspresimu  dan carilah bakatmu melalui Blog ! 
Keep Blogging !

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons