Rabu, Maret 08, 2017

Membuat SKCK untuk Melamar Kerja

Beberapa perusahaan ada yang mensyaratkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) sebagai persyaratan administrasi perekrutan calon karyawan. SKCK dahulu disebut dengan SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik) dan surat ini berisikan keterangan yang dibuat oleh Polri mengenai catatan kejahatan seseorang.

Mengurus pembuatan SKCK di POLRES dan POLSEK berbeda. Jika Anda ingin mengurus SKCK untuk keperluan melamar kerja CPNS/ PNS, maka yang harus anda tuju adalah POLRES. Sedangkan untuk keperluan melamar kerja di perusahaan swasta, Anda bisa mengurusnya di POLSEK terdekat.

Untuk mengurus SKCK ini diperlukan tarif Rp 30.000 (tahun ini, 2017). Pengalaman saya mengurus di POLSEK Rungkut baru yang berada di Jl. Rungkut Asri Timur 17 blok RK no.1 Surabaya.
POLSEK Rungkut, Surabaya
Pertama kita diminta menyiapkan beberapa persyaratan berikut:
1. Foto copy KTP (1 lembar)
2. Foto copy Kartu Keluarga (1 lembar)
3. Foto copy Akte Kelahiran (1 lembar)
4. Foto formal terbaru dengan background merah ukuran 4x6 (4 lembar)

Setelah mempersiapkan persyaratan diatas, masuk ke ruang SKCK untuk menukarnya dengan formulir dan membayar Rp 30.000,-. Nanti Anda akan ditanya, "mengurus SKCK untuk keperluan apa?". Jika untuk keperluan melamar kerja CPNS maka petugas akan menolak Anda, karena seperti yang sudah saya sampaikan diatas. Setelah itu, Anda diberi formulir dan dipersilahkan untuk mengisinya dan kumpulkan kembali ke petugas pengurus SKCK.

Tidak lama kemudian, tunggu saja sekitar 10 - 15menit (tergantung antriannya) SKCK telah selesai dibuat. Tergolong sangat mudah dan cepat pelayanannya dan juga ramah petugasnya. 
Mengenai rekam sidik jari, sepertinya hanya berlaku untuk mengurus SKCK di POLRES, karna saya tidak sama sekali mendapatkan prosedur scan sidik jari dalam mengurus SKCK di POLSEK ini. 
Hal ini juga berlaku untuk perpanjangan SKCK. Saran saya, untuk mengurus SKCK datang pagi-pagi saja karena sudah pasti antri banyak dan jangan lupa bawa bolpoin Jam operasionalnya pkl 09.00 - 14.30 WIB.

Selamat mengurus SKCK, Semoga bermanfaat.



 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons