Madurasa Blog Competition

Sabtu, Juni 23, 2012

Waspadalah dengan Tawaran dari "Orang Dalam" Suatu PTN !

Penipuan serasa tak ada henti-hentinya. Setelah ada modus baru Penipu yang Mengincar Para Pengiklan . Kini ada modus baru lagi yang saya alami, dan kali ini targetnya adalah siswa-siswi beserta orang tua yang was-was dengan hasil SNMPTN Tulis anakya.
Janganlah mudah tergiur dengan orang yang dengan mudah menawarkan kelulusan 99% dan diterima di suatu PTN. Lebih baik selidiki dahulu orang tersebut. Moga cerita saya kali ini, bisa menjadi bahan pertimbangan buat Anda yang mengalami hal seperti saya.
Kemarin malam 22 Juni 2012, Saya mendapatkan sebuah telfon dari orang yang mengaku seorang konsultan pendidikan UNAIR.
Inilah percakapan saya dengan orang tersebut :

*Pertama-tama penelfon meyakinkan identitas, yaitu nama dan sekolah .Kemudian ..
Penelfon : Saya menawarkan kepada 15 orang termasuk adek untuk mengikuti "jalur dalam" untuk diterima di UNAIR. Sebelumnya, adek berminat untuk masuk dimana ?
Saya : ITS mas, jurusan Teknik Kimia atau Desain Produk
Penelfon : Oh ITS, untuk di UNAIR apa adek ada minat ke Kedokteran ? Oh atau, adek punya minat tidak di UNAIR ?

Saya : Kalau di UNAIR saya tertarik Farmasi mas
Penelfon : Nah, gini saya menawarkan kepada adek jalur dalam, 99% ketrima di UNAIR. Apabila berminat, segera konfirmasi ke Bapak blablabla di nomer blablabla
Saya : Konfirmasi ? Lalu ?
Penelfon : Nanti pihak kami akan janjian untuk ketemu orang tua adek, terserah. Dirumah adek juga bisa

*dari sini terlihat ada keganjalan yang semakin aneh. Mengapa tidak memilih tempat di UNAIR ?

Lalu ..

Saya : Kapan ya mas? Dan pakai biaya?
Penelfion : Untuk biaya, mudah diatur. Ya, ketemuan dulu untuk dirundingkan bersama orang tua adek. Secepatnya, minimal 16 Juli sebelum pengumuman jalur mandiri

Selain saya, ada teman saya satu lagi yang ternyata juga ditelfon orang tersebut. Nah, untuk meyakinkannya, saya browsing di google dan tepat sekali saya menemukan cuplikan kasus ini di salah satu halaman yang ada di website UNAIR. Lihat disini .
Selain itu saya juga cari informasi dari kakak sepupu saya, katanya itu semacam joki. Dan di detik-detik pengumuman SNMPTN ini, kasus seperti ini sering terjadi.


Inilah sedikit tips dari website UNAIR untuk mengenali beberapa ciri oknum tersebut :


  1. Mengaku orang dalam dengan segala kewenangannya.
  2. Minta uang muka yang katanya digunakan untuk menyuap pejabat
  3. Menjanjikan kelulusan, tetapi bila tidak lolos tidak perlu membayar sisa uang
  4. Menggunakan alat komunikasi hanya melalui HP, bukan nomor rumah karena takut dilacak

Moga artikel ini bisa menjadi referensi. Jika kalian suka dengan artikel ini, klik tombol berbagi ^^ .
Kunjungi FP Ayo Semangat Sekolah untuk berita-berita seputar pendidikan lainnya

2 komentar:

  1. tidak ada orang dalam di antara kita.. :))

    memang betul kita harus selalu waspada, terlebih tawaran itu menggiurkan..

    bisa bisa jadi penipuan kan..?

    BalasHapus

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons