Senin, Februari 25, 2013

Hewan : Tak Berbicara, Namun Berisyarat

Ngobrol tentang hewan nih, jadi inget postingan jaman bahula dulu tentang hewan-hewan, kalau mau lihat klik disini aja. Nah, pernahkah Anda memiliki hewan? Sudahkah Anda memeliharanya dengan baik?


Jika dijelaskan melalui bahasa hati . . 
Hewan adalah makhluk hidup yang sangat suka disayang, layaknya manusia yang memiliki perasaan, namun mereka tak berakal. Mereka tak bisa berbicara dengan bahasa manusia, namun mereka berisyarat. Mereka butuh keluarga, makan, minum, bermain, teman bermain dan tempat yang nyaman sebagai kebutuhan hidupnya.
Hewan, mereka juga bisa sebagai teman disaat kesepian, bahkan penenang hati. Tempat dirimu curhat atau membebaskan pikiran dengan bermain dengannya. 

Berbicara tentang isyarat hewan. 
Memang butuh waktu agar kita peka dengan isyarat-isyarat yang mereka berikan. Tapi tidak perlu khawatir sist,bro hehe, jika kamu sayang dengan binatangmu secara otomatis isyarat yang mereka berikan akan tersampaikan .
Setiap hewan, memiliki karakter yang berbeda-beda, mereka memiliki cara-cara sendiri untuk menarik perhatianmu, untuk memberikan isyarat kepadamu. Jadi, tidak heran apabila ketertarikan kamu dengan salah satu hewanmu lebih baik dari pada dengan hewan lain.
Isyarat-isyarat berupa apa sih? Isyarat yang saya maksudkan yaitu isyarat mereka ketika ingin diajak bermain, boring, lapar, haus atau ingin dimandikan. 

1. Ketika mereka ingin bermain 
Mereka berputar-putar, dan terlihat tidak tenang di dalam kandangnya. Disini mereka sedang butuh kebebasan, butuh bermain diluar kandang. Apalagi untuk yang ukuran kandangnya kecil sekali.
Ada isyarat lain, contohnya untuk hewan yang suka ngoceh . Seperti hewan saya ayam serama hehe, dia kalau ngoceh-ngoceh/ ramai sendiri di dalam kandang kecuali berkokok, itu tandanya dia lagi ingin bermain diluar kandang. Atau hibur saja dengan menirukan suara ocehannya. Dia akan senang dan merasa punya teman walau tak serupa loh haha
2. Ketika mereka bosan
Mereka akan tidur disaat yang tidak tepat, yaitu pada saat bukan waktunya untuk istirahat. Mengapa mereka bosan? Coba lihat dikandangnya. Apakah sudah ada mainan? Mainannya bisa berupa terowongan-terowongan, pijakan-pijakan, bandulan atau bisa juga rumah-rumahan. Kalau sudah, coba sering-sering diajak bermain diluar kandangnya. Kalau bisa ditaman, yang banyak dedaunannya, tanahnya.
 Mereka akan menjadi bersemangat melihat makhluk hidup lain. Kalau belum ada mainan, ya kasihlah mainan di kandangnya. Atau bila tidak ingin biaya terlalu mahal, kasih aja pipa-pipaan/kerdus-kerdusan untuk rumah-rumahannya.
Selain itu, mungkin mereka bosan karena tidak memiliki teman di kandangnya. Jadi kalau memelihara hewan, berilah teman untuknya. Mereka juga butuh interaksi begitu juga tempat curhat ke sesamanya.
3. Ketika mereka lapar dan haus
Kalau untuk haus, sediakan saja selalu air minum di kandangnya dan rajin-rajin saja mengecek apakah sudah habis atau belum. Karena air itu pasti dibutuhkan untuk makhluk hidup. Berbeda pada saat dia lapar, ketika makanan sudah habis, dia akan merapat ke sudut kandang ketika kamu melewati kandangnya. Berharap kamu menengoknya dan memberinya makan .

Nah simpel kan? intinya adalah belajar kepekaan dan mengerti perasaannya.
Next time,saya post tentang peliharaan-peliharaan saya seperti marmut, ayam kate, ayam serama dan landak mini. Tunggu ya .
Kura-kuranya? Bisa lihat di post ini -> Uniknya Kura-kura Indian Star

Foto : asli peliharaan sendiri 


 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons